Nusantara

DPD GPEI Provinsi Maluku Terbentuk, Khairul Mahalli Ajak Investor ke Maluku

Ketua Umum DPP GPEI Khairul Mahalli lantik pengurus DPD GPEI Maluku periode 2020-2025, Rabu (4/11/2020). Foto (GPEI)

VoIR Indonesia, Maluku – Gabungan Perusahaan Ekspor Indonesia atau GPEI sah dan telah terbentuk di Provinsi Maluku. Pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) GPEI Provinsi Maluku periode 2020-2025 yang dipimpin Yongky Kaihatu resmi dilantik oleh Ketua Umum DPP GPEI Khairul Mahalli dengan SK No: 05/DPP-GPEI/XI/2020  di Swiss-Belhotel, Rabu (4/11/2020).

Dalam sambutannya, Khairul mengundang para investor baik dalam maupun luar negeri untuk memaksimalkan peluang dan potensi yang ada di wilayah Provinsi Maluku.

“Ini adalah janji dan komitmen kami untuk mengajak semua investor melihat dan memaksimalkan peluang dan potensi daerah termasuk di Maluku ini,” ujar Mahalli yang juga Ketua Umum Kadin Sumut.

Khairul menambahkan komitmen dan janji ini juga harus melekat pada pengurus yang baru dilantik. Jika pengurus tidak dapat melaksanakan janji dan komitmen tersebut, pihaknya selaku Ketua Umum memohon maaf dengan tegas akan segera mengganti dengan pengurus yang komit dengan komitmen dan janji tersebut,” tegas Mahalli.

Khairul Mahalli, Ketua UMUM DPP GPEI. Foto (istimewa)

Khairul menyampaikan GPEI ini bukan asosiasi kaleng-kaleng, karena itu ia mengajak semua pengurus yang sudah dilantik dan bergabung dengan keluarga besar GPEI harus bekerja betul dan bermitra dengan pemerintah.

Baca Juga:  Wishnutama Lantik Pejabat Baru Malam Hari, Ini Alasannya

“Pelantikan pengurus GPEI Maluku hari ini menjadi tonggak sejarah baru bagi Provinsi Maluku,” sambungnya.

Selanjutnya, Khairul membeberkan bahwa program pertama yang harus dilakukan GPEI Maluku yakni mencerdaskan masyarakat terutama para pelaku usaha melalui berbagai program pelatihan sehingga seluruh anggota GPEI yang ada di kabupaten kota Maluku dapat mengetahui produk-produk unggulan dan dapat tembus pasar ekspor. Produk-produk tersebut harus dapat bersaya saing.

Ia mengakui bahwa Provinsi Maluku terkenal dengan hasil laut terutama ikan, namun banyak produk kita tidak diterima dengan cara ekspor langsung ke negara tujuan harus melalui negara ketiga seperti Thailand, Vietnam dan negara lainnya.

Untuk mengantisipasi ini, kata Khairul, harus ada fasilitator seperti Gubernur, Kapolda, Pangdam XVI Pattimura bersinergi Bersama GPEI mengamankan semua proses ekspor hasil dari Maluku, terutama hasil laut, berupa ikan.

Berikut Pengurus DPD GPEI Provinsi Maluku Periode 2020-2025:

Dewan Pembina: Petrus Fatlolon, SH., MH; Tagop Sudarsono Soulisa, SH., MT; Ester Pattiasina, SH., MH

Ketua: Yongki Hilson Kaihatu

Wakil Ketua: Elseus Haumahu

Sekretaris: Nova Lenda Meilani, SH., MH

Wakil Sekretaris: Edmon Saiya

Bendahara: Josina Kelbulan

Wakil Bendahara: Welman Soplanit

(tio)

To Top