Nusantara

Jokowi Tetapkan Wabah Corona sebagai Bencana Nasional

Foto: Presiden Joko Widodo (Biro Pers Sekretariat Presiden/Muchlis Jr)

Jakarta, VoIR Indonesia – Pemerintah resmi menetapkan wabah virus corona (covid-19) sebagai bencana nasional.

Penetapan status bencana nasional itu tercantum dalam Keputusan Presiden Nomor 12 Tahun 2020 tentang Penetapan Bencana Nonalam Penyebaran Covid-19 Sebagai Bencana Nasional.

Presiden Joko Widodo menandatangani keppres tersebut pada Senin (13/4). Setidaknya, terdapat empat poin dalam Keppres tersebut.

“Menyatakan bencana nonalam yang diakibatkan oleh penyebaran covid-19 sebagai bencana nasional,” bunyi poin pertama Keppres tersebut.

Dalam keppres diatur bahwa penanggulangan bencana nasional akibat covid-19 dilaksanakan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 atau sesuai dengan Keppres Nomor 7 Tahun 2020 sebagaimana diubah dengan Keppres Nomor 9 Tahun 2020 tentang Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 melalui sinergi antar kementerian/lembaga dan pemerintah daerah.

Gugus Tugas Penanganan Covid-19 diketuai oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo yang dibantu dengan dua orang wakil, yakni Asisten Operasi Panglima TNI dan Asisten Operasi Kapolri.

Baca Juga:  Kualitas Udara Memburuk, Politisi Gerindra ini Bagikan 3.000 Masker ke Masyarakat

Dalam poin ketiga, Presiden Jokowi menetapkan bahwa gubernur, bupati, dan wali kota sebagai Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di daerah.

Dalam menetapkan kebijakan di daerah masing-masing, para kepala daerah harus memperhatikan kebijakan dari pemerintah pusat terkait penanganan covid-19.

Jumlah pasien positif corona di Indonesia hingga Senin (13/4) mencapai 4.557 orang. Dari jumlah tersebut, 399 meninggal dunia, dan 380 pasien dinyatakan sembuh.

Juru bicara pemerintah khusus penanganan covid-19 Achmad Yurianto mengatakan terjadi penambahan sebanyak 316 kasus positif dibandingkan hari sebelumnya.

“Sebagian besar dari yang meninggal dunia dari kelompok usia ke atas dengan penyakit bawaan,” kata Yuri. (dmi/wis)

Sumber Berita : CNN Indonesia

To Top