Dunia

4 Tips Bangun Startup Sukses ala Google

VoIR, Jakarta – Saat ini, Indonesia telah memiliki lima startup yang sudah menyandang gelar unicorn yaitu Gojek, Tokopedia, Ovo, Traveloka, dan Bukalapak. Berbicara soal unicorn, status ini disematkan kepada startup jika nilai valuasi mencapai US$1 miliar.

Head of Startup Programs Asia for Google Cloud John Fitzpatrick akan memberikan empat tips agar perusahaan startup bisa sukses hingga melakukan ekspansi ke negara lain bahkan bisa mendapatkan status unicorn.

Pertama, memanfaatkan peluang atau kesempatan. Ini merupakan suatu hal yang penting karena begitu banyak peluang yang sebenarnya ada di sekitar kita. Jadi, jangan sampai kita lewatkan kesempatan itu.

Kedua, menjaga keberlanjutan (suistanable) perusahaan juga menjadi hal yang penting. Apalagi, jika perusahaan sudah mencapai keberhasilan pada bisnis dan produknya. Oleh karena itu, perusahaan juga perlu membangun tim yang kuat untuk menjaga ritme kerja perusahaan agar terus berkelanjutan.

Baca Juga:  Investasi Sumsel Melambat?

Ketiga, fokus. Fokus perusahaan menjadi hal penting terutama ketika perusahaan ingin melakukan improvisasi pada bisnis maupun produknya. Sebab, banyak tantangan yang mungkin akan dilewati.

Dan keempat, pola pikir (mindset). Dikatakannya, dengan mindset yang terbuka maka akan banyak ide yang bermunculan agar perusahaan terus melakukan inovasi.

“Ide-ide itu bisa datang kapan pun dan di mana pun. Jadi, kita juga harus terbuka pada berbagai budaya yang ada di suatu tempat,” jelas John pada acara Tech in Asia Conference di Jakarta Convention Center, Rabu (9/10/2019). (cnn)

To Top