Politik

Ketua Gerindra Dorong Keponakan Prabowo Jadi Wagub DKI

Rahayu Saraswati Djojohadikusumo. Foto Dok. Kompas/istimewa

VoIR, Jakarta – Ketua DPP Partai Gerindra, Haposan P. Batubara mengaku mendukung rekan separtainya, Rahayu Saraswati Djojohadikusumo atau biasa disapa Sara untuk menduduki kursi wakil gubernur DKI Jakarta.

“Saya mendukung Sara sebagai Wagub DKI yang saat ini masih kosong,” tegasnya kepada wartawan, Jumat (16/8/2019).

Dukungan itu dia berikan karena menilai keponakan Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto itu layak menjadi Wagub DKI. Sebab, selama ini, khususnya selama menjadi anggota DPR RI, kinerja Sara terbukti sangat mumpuni.

Buktinya, Sara kerap kali tampil diundang menjadi narasumber di media massa nasional, baik itu televisi, dan lain sebagainya untuk membicarakan tentang tugas dan fungsinya sebagai anggota Komisi VIII DPR.

Haposan P. Batubara bersama Rahayu Saraswati Djojohadikusumo. Foto Dok. Istimewa

Haposan yang juga kader Gerakan Kristiani Indonesia Raya (GEKIRA), orsap Partai Gerindra mengungkapkan Sara merupakan salah satu anggota dewan yang terbilang vokal dalam menyuarakan kepentingan rakyat kecil.

“Terutama menyangkut masalah pendidikan, sosial dan lain sebagainya,” pungkas Haposan sembari mengaku yakin kalau kinerja dan perhatian yang sama juga bakal diterapkan oleh Sara saat mendampingi Gubernur Anies Baswedan nanti.

Profil Sara  

Rahayu Saraswati Djojohadikusumo adalah anak kedua Hashim Djojohadikusumo. Kakaknya, Aryo, juga menjadi anggota DPR dari Partai Gerindra.

Baca Juga:  OJK Minta UU Khusus Atur Pidana Fintech Ilegal

Sara lahir di Jakarta pada  27 Januari 1986 dan menyelesaikan pendidikan dasar dan menengah di International High School, Geneva Switzerland dan Singapura.

Ketika sekolah di Singapura, dia terpilih dalam audisi sebagai pemeran utama drama. Ini menjadi awal ketertarikannya pada industri perfilman.

Untuk menunjang minatnya, Sara mengambil kuliah di University Of Virginia, Charloville, Virginia, Amerika Serikat di fakultas classics and drama dan lulus tahun 2005.

Lalu, mengambil diploma in Screen Acting Postgraduate Level, International School of Screen Acting, London,  pada 2007.

Kembali ke Tanah Air, Sarah membintangi film Trilogi Merah Putih yang melambungkan namanya. Film terbarunya adalah Gunung Emas Almayer.

Sara kemudian bergabung ke dalam Tunas, organisasi sayap Partai Gerindra yang didirikan Prabowo Subianto. Sara menjabat sebagai kepala bidang pengembangan. Dia juga terlibat dalam aktivitas melawan human trafficking lewat wadah Freedom for Indonesia.

Pada 2014, Sara mencalonkan diri sebagai calon anggota DPR untuk daerah pemilihan Jawa Tengah IV. Dia memperoleh  47.542 suara dan mengantarkannya ke Senayan sebagai anggota DPR dari Gerindra.

Kini, Sara Djojohadikusumo, keponakan Prabowo Subianto disebut-sebut di internal partai Gerindra sebagai calon Wakil Gubernur DKI Jakarta. (rri/tempo*)

 

To Top