Nusantara

Ini 7 Trik Hemat Baterai Ponsel Saat Listrik Padam

Ilustrasi. (Foto: (CNN Indonesia/Aditya Panji)

VoIR, JAKARTA – Pemadaman listrik (blackout) yang dilakukan PLN pada Minggu (4/8) tak dipungkiri memengaruhi aktivitas masyarakat. Tak sedikit pengguna perangkat pintar, terutam ponsel yang harus putar otak untuk menghemat daya baterai.

Selain mengandalkan powerbank, pengguna ponsel pintar juga bisa mengandalkan tujuh trik berikut untuk menghemat baterai dilansir dari berbagai sumber.

Aktifkan Mode ‘Low Power’
Pengguna ponsel pintar bisa mengaktifkan mode ‘low power’ sehingga daya yang dipakai bisa lebih hemat. Mode ini membantu mengurangi kemampuan kerja prosesor.

Pengguna iPhone bisa mengaktifkan fitur ‘night shift’ dengan menelusuri settings > display & brightness > night shift. Pengguna bisa mengatur jadwal mode malam, atau mengaktifkannya langsung dan memilih tingkat kecerahan layar.

Sementara pengguna Android bisa menelusuri settings > display > pilih blue light filter > night mode. Seperti halnya iPhone, pengguna Android juga bisa menjadwalkan fitur mode malam untuk menghemat kinerja layar.

Turunkan Tingkat Kecerahan Layar
Semakin tinggi tingkat kecerahan layar, maka semakin banyak tenaga dan daya baterai yang terpakai. Pengguna ponsel pintar dapat mengurangi kecerahan layar secara otomatis, namun tetap berimbas pada penggunaan baterai.

Untuk menyiasatinya, pastikan Anda menggunakan tingkat kecerahan layar yang rendah. Kecuali untuk kondisi tertentu, seperti saat berada di luar ruangan Anda butuh kecerahan tinggi.

Kurangi Kebiasaan Tutup/Buka Aplikasi
Banyak anggapan menyebutkan jika menutup aplikasi ketika selesai digunakan bisa menghemat baterai. Nyatanya, hal itu justru malah membuat baterai menjadi lebih boros.

Baca Juga:  Penyampaian Visi-Misi Capres Batal, Pengamat Nilai KPU Plin-Plan

Sebagai solusinya, ketika membuka suatu aplikasi sebaiknya biarkan saja dan tidak ditutup untuk menghindari kebiasaan membuka/tutup aplikasi secara berulang.

Aktifkan Mode Getar Seperlunya
Tanpa disadari mode getar ternyata ikut menguras baterai dibandingkan mode suara. Pasalnya, getar pada ponsel bekerja dengan menggerakkan motor sehingga memakan lebih banyak daya.

Jika dalam kondisi yang kurang penting, sebaiknya matikan mode getar dan ubah ke mode suara. Pastikan jika fitur getar juga telah dinonaktifkan untuk sejumlah fitur, misalnya saat mengetik atau menyentuh layar.

Matikan Lokasi
Fitur lokasi memang berguna untuk meningkatkan akurasi GPS, kendati sebenarnya bisa menguras penggunaan baterai. Pastikan fitur ini hanya diaktifkan saat dibutuhkan, mengingat GPS akan terus mengirim data dalam jaringan untuk mencari lokasi yang sesuai.

Matikan WiFi dan Bluetooth saat tak dipakai
Pastikan kedua fitur nirkabel ini hanya diaktifkan ketika sedang dipakai. Jika Bluetooth dan WiFi dibiarkan aktif saat tak dibutuhkan, keduanya akan terus mencari jaringan agar tetap terhubung.

Durasi Kunci Layar Otomatis
Mengaktifkan layar secara terus menerus tanpa digunakan tentu bisa memmpercepat pemakaian baterai ponsel. Untuk mengatasinya, pastikan Anda mengaktifkan kunci layar otomatis dengan durasi lebih cepat.

Jika selama ini Anda mengaktifkan durasi satu menit, pertimbangkan untuk mengunci layar otomatis dalam durasi 15 detik atau 30 detik. Demikian dimuat di cnnindonesia.com. (*)

To Top