EkBis

Melalui Forum Bisnis Inalatamkar, GPEI Genjot Ekpor ke Amerika Latin

GPEI terus upayakan ekspor produk potensial RI terutama ke Amerika Latin. Foto Dok. Blog Rajapontar

VoIR, Jakarta – Kementerian Perdagangan (Kemendag) di tahun ini terus mencari pasar non tradisional baru untuk mendongkrak kinerja ekspor. Maklum, ekspor Indonesia sepanjang 2018 melempem sehingga terjadi defisit neraca perdagangan sebanyak USD8,57 miliar.

Bahkan di tahun lalu itu RI, mengalami defisit neraca perdagangan terdalam selama lima tahun terakhir.

Melihat kondisi ekspor RI ini, Dewan Pengurus Pusat Gabungan Perusahaan Ekspor Indonesia (DPP GPEI) melalui Ketua Umum Khairul Mahalli mengatakan akan terus mengupayakan peningkatan ekspor RI ke seluruh dunia termasuk ke Amerika Latin salah satunya melalui Forum Bisnis Inalatamkar (Indonesia-Amerika Latin dan Karibia) yang rencananya dilakukan pada tanggal 15-16 Oktober 2019 mendatang.

“Kita akan terus upayakan peningkatan ekspor RI ke seluruh dunia terutama ke Amerika Latin melalui Forum Bisnis Inalatamkar yang berlangsung beberapa bulan mendatang,” ujar Mahalli kepada redaksi VoIR.

Ditambahkan Mahalli, produk-produk unggulan RI yang difokuskan mau diekspor yakni nanas, karet, kelapa, manggis, pisang, dan sarang walet, serta barang-barang elektronik.

Mahalli yang juga Ketua Umum Kadinsu itu juga menginformasikan dalam rangka mempromosikan produk ekspor unggulan RI ke pasar potensial, Kemendag melalui Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (Ditjen PEN) akan menyelenggarakan Misi Dagang ke Turki pada tanggal 28-31 Juli 2019 dan Kazakhstan tanggal 31 Juli sampai dengan 2 Agustus 2019 (tentative) dimana kedua kegiatan ini akan dipimpin langsung oleh Menteri Perdagangan.

Baca Juga:  Kapan Sebaiknya Suami Istri Berhubungan Badan di Bulan Ramadhan?

Kegiatan Misi Dagang ini, katanya, sebagai salah satu platform promosi dagang akan menjadi representasi potensi produk ekspor Indonesia untuk dipromosikan ke pasar Eurasia.

Kegiatan ini akan dilaksanakan dalam bentuk Forum Bisnis dan One-On-One Business Matching yang bertujuan agar peserta dapat berinteraksi langsung dengan buyer setempat dan diharapkan dapat menjalin kemitraan bisnis ke depan.

Mengingat pentingnya kegiatan Forum Bisnis yang akan dihadiri oleh stakeholder terkait dari Turki dan Kazakhstan maupun Indonesia, ia mengundang para pengusaha terutama pengusaha ekspor untuk dapat berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Untuk informasi dan koordinasi lebih lanjut, dapat menghubungi Direktorat Pengembangan Promosi dan Citra, Ditjen PEN – Kementerian Perdagangan, Telepon di 021-23528644; Fax : 021-23528654; Email : ditp2c@gmail.com. []

To Top