Properti

8 Cara Jika Rumah Tetap Aman Saat Ditinggal Mudik

Illustrasi Tips Mudik. Foto Dok. STT Terpadu Nurul Fikri

VoIR, JakartaLebaran 2019 tinggal beberapa pekan lagi. Sudah menjadi ritual budaya bagi masyarakat Indonesia untuk merayakan hari raya bersama keluarga besar di kampung halaman.

Bagi Anda yang berencana mudik ke luar kota dalam waktu sepekan atau lebih, tentu harus melakukan persiapan agar perjalanan berlangsung dengan aman dan nyaman. Selain itu, Anda juga harus memikirkan rumah yang ditinggalkan supaya keamanannya tetap terjamin sampai kembali pulang dengan keadaaan selamat.

Berikut ini ada 8 hal yang wajib diperhatikan ketika Anda meninggalkan rumah saat mudik.

1. Kunci pintu dan jendela rumah. Mengunci pintu dan jendela merupakan hal paling mudah untuk menjaga keamanan rumah. Sebelum Anda meninggalkan rumah, pastikan pintu dan jendela sudah tertutup dan terkunci rapat. Ada baiknya menambah gembok untuk membuatnya lebih aman.

Sebaiknya bawa saja kunci tersebut dan pastikan tidak hilang. Jangan menyimpan kunci di tempat-tempat yang biasa diketahui orang, seperti di bawah keset, rak sepatu, atau pot bunga. Sebab, biasanya akan menjadi incaran pencuri.

2. Lepaskan colokan kabel listrik dan regulator tabung gas. Tentunya di rumah Anda terdapat berbagai colokan kabel listrik perangkat elektronik, misalnya televisi, komputer, radio, lemari es, pendingin ruangan (AC), mesin cuci, dan dispenser.

Melepaskan colokan kabel dari lubang setrum listrik akan mengantisipasi terjadinya hubungan pendek arus listrik atau korsleting. Begitu pula dengan regulator tabung gas. Pastikan Anda sudah melepasnya dan menutup rapat tabung  agar gas di dalamnya tidak mudah keluar. Lebih aman lagi jika Anda mengosongkan gas di dalam tabung tersebut. Cara ini wajib dilakukan untuk menghindari kebakaran akibat bocornya tabung gas.

3. Nyalakan lampu rumah di titik tertentu. Anda tidak perlu menyalakan semua lampu rumah saat meninggalkannya, cukup di beberapa titik saja agar rumah tidak terlihat terlalu gelap saat malam hari, misalnya di teras dan halaman rumah. Bila perlu, pasang lampu LED otomatis yang bisa menyala saat gelap dan padam saat terang.

Baca Juga:  Sekjen GEKIRA Sikapi Penghadangan Ibadah Jemaat GBI Philadelpia Medan

4. Kosongkan penampung air. Mengosongkan bak air, ember, atau wadah penampungan air merupakan cara untuk mencegahnya menjadi tempat bertelurnya nyamuk dan sarang penyakit. Lebih baik lagi dengan membalikkan posisinya. Dengan begitu, kesehatan rumah Anda tetap terjamin saat ditinggal mudik.

5. Bersihkan rumah. Sempatkan waktu untuk membersihkan rumah sebelum ditinggal pergi dalam waktu yang lama. Jika kondisinya kotor, akan rentan didatangi binatang kecil, semacam tikus dan kecoa yang suka dengan tempat kotor. Apabila ada rumput dan tanaman di bagian luar rumah, potonglah terlebih dahulu agar tampak lebih rapi sehingga orang lain akan beranggapan bahwa penghuni rumah merawat tumbuhannya.

6. Simpan barang berharga. Pastikan barang-barang berharga yang ada di rumah tersimpan dengan aman, seperti uang, perhiasan, dan surat-surat berharga. Akan lebih baik juga jika Anda menitipkannya di bank atau lembaga keuangan lainnya yang menyediakan jasa penitipan barang berharga. Memang dikenakan biaya, tetapi keamanan barang-barang tersebut lebih terjamin.

7. Menitip rumah kepada orang kepercayaan. Selain melakukan usaha sendiri, Anda juga bisa menitipkan rumah kepada tetangga, keluarga, atau pihak keamanan di lingkungan perumahan. Sampaikan kepada mereka berapa lama Anda meninggalkan rumah dan hal-hal yang harus diperhatikan untuk menjaga keamanan rumah.

8. Perhatikan media sosial. Hindari mengunggah foto-foto yang berlebihan di akun media sosial. Mungkin saja di luar sana ada orang yang mengincar rumah Anda selama ini. Jika mereka mengetahui Anda sedang bepergian ke luar kota dalam waktu lama, tentunya akan memberi kesempatan kepada mereka untuk berbuat kejahatan.

Begitulah beberapa tips bagi Anda agar bisa meninggalkan rumah dengan aman saat mudik nanti. Semoga rencana Anda untuk merayakan Idul Fitri tahun ini berjalan lancar hingga kembali pulang ke rumah dalam keadaan selamat. Demikian dimuat di kompas. (voir)

To Top