Nusantara

Besok, Uskup Seluruh Indonesia Hadiri Tahbisan Uskup Agung Medan

Mgr. Kornelius Sipayung, OFM.Cap, Uskup Keuskupan Agung Medan

Medan (VOIR) – Duta Besar Vatikan untuk Indonesia, Monsignor (Mgr). Piero Pioppo berserta uskup dari seluruh Indonesia akan menghadiri penahbisan Uskup Agung Medan yang baru, Mgr. Kornelius Sipayung, OFM.Cap yang akan diselenggarakan sejak hari ini pada tanggal 1 sampai 3 Februari 2019 di Medan.

Umat Keuskupan Agung Medan (KAM) merasakan sukacita yang besar dengan pengangkatan Uskup Agung terpilih oleh Paus Fransiskus pada tanggal 8 Desember 2018, pada perayaan hari raya Maria dikandung tanpa noda.

Paus Fransiskus menetapkan RP Kornelius Sipayung, OFM.Cap yang pada saat itu menjabat Minister Provinsial Ordo Kapusin Propinsi Medan menjadi Uskup KAM.

Keuskupan Agung Medan mencatatkan sejarah baru dalam perjalanannya. Tahbisan Uskup yang terakhir kali terjadi di wilayah KAM pada tanggal 25 Juni 1975, tatkala Mgr A.G Pius Datubara. OFM.Cap ditahbiskan menjadi Uskup.

Sekertaris KAM, RP. Selestinus Manalu, OFM.Cap mengatakan kabar sukacita penunjukan uskup baru ini secara resmi diumumkan di KAM oleh Mgr. Anicetus B. Sinaga, OFM. Cap yang pada saat itu menjabat Uskup Agung. Dalam perayaan Ekaristi yang dipimpin di Gereja Katedral Medan, surat pengangkatan dari Paus dibacakan kepada umat beriman yang hadir pada saat itu dan segera diberitahu ke seluruh wilayah keuskupan.

“Pada saat yang sama Uskup Agung Medan, diterima oleh Paus Fransiskus, berhubung karena usia yang sudah melampaui 75. Batas uskup pensiun adalah usia 75 tahun. Pada saat ini, Mgr. Anicetus sudah berusia 77 tahun,” ucap RP Selestinus.

Ia menjelaskan tak lama sesudah pengumuman ini, Nuntius atau Duta Besar Vatikan untuk Indonesia, meminta agar disiapkan pentahbisan uskup baru pada tanggal 2 Februari 2019. Untuk menanggapi arahan tersebut, Mgr. Anicetus segera menunjuk beberapa Imam untuk menjadi panitia kecil dalam merancang pelaksanaan pentahbisan Uskup baru ini.

“Peristiwa imam ini akan dirayakan oleh segenap umat KAM bersama pihak-pihak lain yang merupakan bagian dari kehadiran Gereja Katolik di wilayah Sumut ini. Perayaan Pentahbisan Uskup Agung baru ini adalah juga menjadi bagian kehidupan bermasyarakat dan bernegara di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang kita cintai ini,” ujar RP Selestinus.

Baca Juga:  Lantik PD GEKIRA DKI Jakarta, Hashim Ajak Pengurus GEKIRA Menjadi Pelayan

Dalam konferensi pers tahbisan Uskup Agung Medan yang diselenggarakan di Catholic Center KAM beberapa waktu lalu, RP Selestinus didampingi oleh Ketua Umum, RD Sebastianus Eka, Seksi Humas, RD Benno Ola Tage, dan Wakil Koordinator Acara Drs Hendrik Halomoan Sitompul MM.

RD Sebastianus mengatakan rangkaian acara pentahbisan Uskup baru akan berlangsung selama tiga hari berturut-turut. Dimulai dengan ibadat sore yang meriah, Perayaan Ekaristi Pentahbisan Uskup dan Perayaan Ekaristi Stational.

Ibadat sore yang meriah akan dilaksanakan pada tanggal 1 Februari 2019 pukul 17.30 di Gereja Katedral Santa Maria Dikandung Tanda Noda, Medan.

“Pada ibadat ini, Uskup baru akan menyatakan pengakuan kembali imannya dihadapan umat beriman dan perlengkapan Uskup serta tahta Uskup yang ada di Gereja Katedral akan diberkati oleh pemimpin ibadat,” ujar RD Sebastianus.

Ia menjelaskan perayaan Ekaristi Pentahbisan Uskup Agung baru ini akan dihadiri Nuntius atau Duta Besar Vatikan dengan dua uskup penahbis lain dan dihadiri oleh para uskup dari seluruh Indonesia, para imam yang akan berjumlah sekitar 300 orang, umat beriman dari berbagai lapisan yang mencapai 14 ribu orang. Pada perayaan ini akan hadir juga unsur pemerintah, TNI, POLRI, perwakilan gereja-gereja Kristen dan perwakilan agama lain.

“Acara perayaan Ekaristi Pentahbisan Uskup itu hari Sabtu, tanggal 3 Februari 2019 pukul 15.00 WIB di Gedung Serba Guna Pemprovsu, Jalan Willem Iskandar Medan. Dengan Pentahbisan ini, maka Uskup baru akan resmi menjabat Uskup Agung,” ucap
RD Sebastianus.

Ia mengatakan pada hari Minggu, 3 Februari 2019 pukul 09.30 di Gereja Katedral Medan, akan diadakan perayaan Ekaristi Stasionale. Perayaan ini merupakan perayaan dimana Uskup Agung Emeritus menyerahkan tongkat kegembalaan keuskupan kepada uskup baru. Selamat bertugas Mgr. Kornelius Sipayung, OFM. Cap. Tuhan memberkati. (voir)

To Top