Tokoh

Nih Deretan Bisnis Wapres Jusuf Kalla

Bapak Jusuf Kalla bersama keluarga saat berlibur ke luar negeri. Foto (Twitter)

Jakarta, VOIR – Menurut Pasal 169 Huruf n dan Pasal 227 Huruf i Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, pak Jusuf Kalla udah gak bisa mencalonkan diri sebagai wakil presiden lagi.

Apakah itu jadi tanda kalau pria asal Makassar yang akrab disapa JK ini benar-benar selesai berpolitik? Gak tahu deh ya. Tapi kalau emang pensiun, JK bakal menikmati masa-masa tua yang benar-benar jadi impian banyak orang. Kaya raya dan bebas secara finansial.

Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) tahun 2014, total kekayaan Jusuf Kalla dikabarkan mencapai Rp 465 miliar plus US$ 1.058.564. Itu udah termasuk harta bergerak seperti kendaraan dan gak bergerak semisal tanah.

Menariknya, sebelum jadi pejabat pak JK ini emang udah senang berbisnis. Dan dari sana ia dapat uang, bukan waktu jadi pejabat.

Semua bermula pada tahun 1969. Ketika itu Jusuf Kalla menjadi CEO dari NV Hadji Kalla. Di bawah kepemimpinannya, perusahaan ini jadi raksasa. NV Hadji Kalla pun berubah jadi PT Hadji Kalla.

Terus gitu sampai akhirnya didirikanlah Kalla Group yang menaungi semua bisnis pak JK dan keluarga. Jaringan bisnis Kalla Group sekarang udah menggurita. Kalau pensiun, pak JK bisa nih urus bisnis lagi. Itu kalau dia mau lho ya.

Yuk kita cari tahu deretan bisnis yang dikuasai keluarga pak Jusuf Kalla ini.

  1. Otomotif

A. Kalla Toyota

Salah satu tulang punggung Kalla Group ada di dunia otomotif. Kalla Toyota (PT Hadji Kalla) merupakan salah satu dealer mobil Toyota terbesar di Sulawesi.

Kalla Toyota sendiri sempat menyabet beberapa penghargaan penting sebagai distributor mobil Toyota. Sebut aja seperti Master Service Awards 2012 dan Makassar Service Excellence Award 2013.

BMakassar Raya Motor

Berbeda dengan Toyota, di perusahaan ini Kalla Group berhasil meraup untung dari jualan Daihatsu. Makassar Raya Motor ini udah jadi kepercayaan konsumen di Sulawesi Selatan, Tengah, dan Tenggara buat beli mobil.

CKalla Kia (PT Kars Inti Amanah)

Gak cuma Toyota dan Daihatsu aja ternyata, Kalla Group yang sempat dipimpin Jusuf Kalla ternyata juga mendistribusikan mobil Korea, KIA.

DKalla Transport

Kalla Transport bukanlah dealer mobil seperti Kalla Toyota, Makassar, Raya, atau Kalla KIA. Perusahaan ini merupakan perusahaan penyedia kebutuhan transportasi buat individu atau perorangan.

Lewat Kalla Transport, kamu yang tinggal di Sulawesi bisa menyewa kendaraan sesuai yang kamu pengin. Ada sedan, mini bus, medium bus, hingga big bus.

Beberapa merek mobil yang tersedia adalah Toyota, KIA, Isuzu, Ford, Chevrolet, Mitsubishi, Daihatsu, Suzuki, dan Honda. Lengkap deh!

  1. Konstruksi

A. PT Bumi Karsa

PT Bumi Karsa didirikan pada 1967 silam di Ujung Pandang. Mereka kelimpahan proyek pembangunan infrastruktur di Indonesia bagian timur waktu baru berdiri.

Beberapa proyek yang mereka kerjakan antara lain pembangunan jalan, bendungan, irigasi, pelabuhan, pembangunan mall, perkantoran, hingga sekolah.

Baca Juga:  Jokowi: Selamat Ulang Tahun Sahabat Saya, Prabowo Subianto

BPT Bumi Sarana Utama

PT Bumi Sarana Utama adalah salah satu anak perusahaan Kalla Group yang dipercaya Pertamina buat jadi agen aspal curah. Perusahaan ini berdiri pada 1988 dan kabarnya udah punya 12 cabang.

CPT Bumi Sarana Beton

Kalau yang ini adalah perusahaan penyedia material konstruksi, khususnya beton jadi. Meski demikian, perusahaan ini juga menjadi rental peralatan lainnya lho.

DPT Bukaka Tehnik Utama Tbk.

Perusahaan yang didirikan pada 1979 silam ini punya proyeknya yang cukup banyak. Mulai dari menara telekomunikasi, jembatan, konstruksi jalan, pengeboran minyak, garbarata, transmisi listrik, dan sektor-sektor teknik umum lainnya.

  1. Properti

A. PT Kalla Inti Karsa

PT Kalla Inti Karsa adalah sebuah pengembang properti ternama di Sulawesi. Beberapa proyek mereka adalah pembangunan Mal Ratu Indah, perkantoran Wisma Kalla, Nipah (kawasan komersial hijau pertama di Indonesia timur), dan Trans Studio Makassar.

Perusahaan ini sekarang dipimpin oleh Imelda Kalla, putrinya pak Jusuf Kalla.

BPT Baruga Asrinusa Development

PT BAD yang didirikan pada 1992 ini adalah salah satu anak usaha Kalla Group yang bergerak di bidang real estate. Salah satu proyek yang sedang mereka kerjakan adalah Bukit Baruga, kawasan kota mandiri di lahan seluas 300 hektare. Udah kayak proyek Meikarta nih.

CKalla Hospitality (PT Inti Karsa Persada)

Perusahaan yang satu ini juga tercatat sebagai salah satu anak usaha Kalla Group di bidang properti. Sayangnya aja gak ada situs resmi yang menjelaskan soal aktivitas perusahaan ini.

Meski demikian, salah satu brand yang berada di bawah naungan PT Inti Karsa Persada adalah Restoran Djuku yang terletak di Trans Studio Mall Makassar.

  1. Logistik

PT Jelajah Laut Nusantara

PT Jelajah Laut Nusantara alias Jelanusa merupakan perusahaan penyedia jasa logistik khusus buat jalur laut. Barang yang bisa dikirim cukup beragam lho, mulai dari mobil, motor, truk, hingga alat berat.

  1. Energi

Kalla Group juga punya anak usaha di bidang energi. Mereka adalah perusahaan swasta yang punya dua pembangkit listrik tenaga air di Sulawesi Tengah dan Selatan.

Beberapa anak usaha mereka di sektor energi adalah PT Poso Energy, PT Malea Energy, PT Kalla Electrical System, dan PT Bumi Mineral Sulawesi.

Gimana guys, banyak banget kan anak usahanya Kalla Group? Bisa dibilang, Kalla Group itu hampir punya segala bentuk usaha. Mereka punya perusahaan konstruksi, mereka juga jadi penyedia materialnya. Mereka punya perusahaan otomotif, mereka juga punya perusahaan rental dan logistik. Mantap kan!

Kamu juga bisa kok jadi tajir seperti pak Jusuf Kalla di masa depan jika emang serius berbisnis. Mulai dari sekarang, rintis aja usahamu dengan maksimal dan pantang menyerah. (voir/moneysmart.id)

 

 

To Top